Jun 04

Hari – Hari Penuh Maghfiroh

 

Terasa kita telah melewati Ramadhan hingga hari ke 20. Seperti yang kita bahas sebelumnya jika Allah melimpahkan segala rizki, rahmat, serta ampunan kepada hambanya yang melakukan kebaikan juga ibadah. Dan 10 hari pertengahan ini merupakan bulan yang penuh maghfiroh. Dan berikut pemaparannya:
Pada hari ke – 11 bulan Ramadhan Allah SWT mencatat amalan yang dilakukan manusia pada hari itu dengan pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, dengan setiap yang berhaji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang syahid.
Pada hari ke – 12 Allah SWT menjadikan keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat setiap kebaikan sebagai seribu kebaikan bagi hambanya yang mau melaksanakan puasa serta amalan baik pada hari itu. Segala puji bagi Allah.
Pada hari ke-13 Allah mencatat pahala seperti pahala ibadah penduduk di Kota Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi syafaat berupa bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah. Maksudnya adalah Allah memberikan syafaat sangat besar.
Pada hari ke-14 Allah memberikan maghfiroh seperti bertemu dengan Nabi Adam,Nuh,Ibrahim,Musa,Daud,dan Sulaiman dan seperti beribadah kepada Allah bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun. Sungguh hal ini yang diinginkan setiap umat muslim.
Pada hari ke-15 Allah SWT menunaikan untuk orang – orang yang beribadah pada hari itu hajat-hajat dunia dan akhirat, memberinya apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; serta para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuknya, dan pada hari kiamat Allah akan memberi empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan dan sepuluh dari sebelah kirinya kemudian sepuluh dari depan, dan sepuluh cahaya sisanya dari belakang. Maka pada hari kiamat orang – orang tersebut mendaoatkan jalan yang baik dari Allah.
Pada hari ke -16 Allah SWT memberi enam puluh pakaian untuk dipakai, enam puluh onta untuk dikendarai, dan Allah swt mengirimkan awan untuk menaungi dari sengatan panas pada hari kebangkitan. Subhanallah. Segala puji bagi Allah SWT atas segala nikmatnya.
Pada hari ke-17 Allah SWT mengatakan: sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat.
Pada hari ke-18 puasa ramadhan, Allah SWT memerintahkan para malaikat agar memohonkan ampunan untuk umat Nabi Muhammad SAW sampai tahun selanjutnya dan Allah SWT memberikan pahala para syuhada.
Pada hari ke-19 Semua malaikat akan meminta izin kepada Allah agar daoat berziarah ke makam hambanya yang senantiasa sewaktu hidupnya berpuasa pada hari ini dan membawakan hadiah.
Pada hari ke-20 Allah akan memberikan banyak syafaat bagi hambanya. Salah satunya menjauhkan hambanya dari setan dan memberikan jarak yang cukup besar antara hambanya dan neraka.
Dalam hadist Salman Al – Farisi ia menceritakan bahwa Rosulullah SAW pernah berkhutbah saat menjelang Ramadhan. Di daam khutbah tersebut Rasulullah bersabda :
Karena ini merupakan fase dimana Allah memberikan maghfiroh pada umatnya, maka beruntunglah orang – orang yang senantiasa beribadah seperti tadarus, membaca qur’an, sholat malam dan masih banyak lagi serta memohon ampunan dengan ikhlas. Dan rugilah orang – orang yang menyia – nyiakan waktu ini untuk hal – hal duniawi semata.

Sumber : Kitab Fadhail Al – Asyhur Ats Tsalatsah.

Oleh : Elza Nurhidayati

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.