Mei 26

Awal Bulan Penuh Rahmat

” Hai orang – orang yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang – orang sebelum kamu. Mudah – mudahan kamu bertaqwa”(QS. Al-Baqarah:183). Bulan ramadhan bisa dibilang bulan kemenangan para umat muslim, dimana pahala akan dilipat gandakan, setiap harinya akan ada barokah tersendiri, dan setiap langkahnya akan dihitung pahala. Barang siapa yang memanfaatkan bulan ini untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, sungguh beruntunglah orang – orang tersebut dapat memanfaatkan bulan yang penuh barokah ini.

 

Di dalam sebuah hadits, dijelaskan bahwa ada pembagian hari di bulan Ramadhan. Dijelaskan di dalam hadits Riwayat Abu Hurairah radhiallahu’anhu, disebutkan :

” Awal bulan adalah rahmah, pertengahannya adalah maghfirah, dan akhirnya ’itqunminannar (pembebasan dari neraka).”

 

Awal bulan yang dimaksud adalah, 10 hari pertama bulan Ramadhan yang di setiap hari – harinya terkandung keutamaan – keutamaan meliputi :

  1. Pada awal malam bulan Ramadhan Allah SWT mengampuni semua dosa yang tersembunyi maupun yang dilakukan secara terang – terangan. Kemudian Allah meninggikan beribu – ribu derajat dan tak lupa Allah membangunkan lima puluh ribu kota di surga bagi mereka yang beribadah dan berpuasa di hari itu.
  2. Kemudian di hari ke – 2 bulan Ramadhan, Allah SWT akan mencatat setiap ibadah orang – orang yang berpuasa seperti ibadah selama satu tahun, dan pahalanya dihitung seperti pahala seorang nabi.
  3. Di hari ke – 3 bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan taman permata yang indah di surga Firdaus yang di atasnya terdapat dua belas ribu rumah dari cahaya, juga di bawahnya terdapat dua belas ribu tempat tidur yang di setiap tempat tidurnya terdapat bidadari. Dimana setiap hari malaikat akan berkunjung dan setiap malaikat akan membawakan hadiah untuk mereka. Tentunya keutamaan ini hanya didapat bagi mereka yang melaksanakan ibadah puasa dan senantiasa berbuat baik pada hari ini.
  4. Pada hari ke – 4 bulan Ramadhan, Allah SWT akan memberikan surga Khuld, disana terdapat tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah. Kemudian di rumah – rumah tersebut terdapat lima puluh ribu tempat tidur yang di setiap tempat tidurnya terdapat bidadari yang memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya. Tentunya keutamaan ini hanya akan diberikan kepada mereka yang berpuasa dan melakukan kebaikan di bulan Ramadhan.
  5. Pada hari ke – 5 di bulan Ramadhan, Allah SWT akan memberikan surga Al – Ma’wa yang berisi beribu – ribu kota di setiap kota terdapat seribu rumah yang terdapat seribu meja makan. Kemudian di setiap meja makan terdapat tujuh puluh ribu tempat makanan di atasnya terdapat tujuh puliuh ribu jenis makanan yang berbeda. Yang diperuntukkan untuk mereka yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.
  6. Pada hari ke – 6 bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan surga Darus Salam seratus ribu kota yang setiap kotanya terdapat seratus perkampungan. Kemudian di setiap perkampungan terdapat seratus ribu rumah yang terdapat seratus ribu tempat tidur yang terbuat dari emas yang begitu panjang. Dimana panjangnya sebesar seribu hasta. Dan di atas tempat tidurnya terdapat bidadari yang memiliki tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah kemudian setiap bidadari membawa seratus pelayan.
  7. Pada hari ke – 7 bulan Ramadhan, Allah SWT memberi surga Na’im yang pahalanya seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.
  8. Pada hari ke – 8 bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.
  9. Pada hari ke – 9 bulan Ramadhan, Allah SWT memberikan sesuatu kepada mereka yang berpuasa seperti yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.
  10. Pada hari ke – 10 bulan Ramadhan, Allah SWT akan memenuhi tujuh puluh ribu hajat dan matahari, bulan, bintang – bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan akan memohonkan ampunan untuk orang – orang yang berpuasa pada hari ini.

 

Paparan diatas diambil dari Kitab ” Fadhail Al – Asyhur Ats – tsalatsah” tentang keutamaan bulan Ramadhan. Sungguh rugilah mereka yang menyia – nyiakan bulan Ramadhan. Maka dianjurkan mengisi bulan Ramadhan dengan menjalankan ibadah wajib yakni berpuasa serta memperbanyak amalan lain seperti shalat malam, berdzikir, membaca Al – Quran dan amalan baik lainnya. Karena dalam 10 hari pertama, Allah memberikan banyak rahmat kepada umatnya.

 

Oleh: Elza Nurhidayati

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.