Mau Goodmood? Kenali Happy Hormone Berikut

Please log in or register to like posts.
News

Mau Goodmood? Kenali Happy Hormone Berikut

Halo sobat, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata mood atau kalo dalam bahasa kita bisa diartikan dengan suasana hati. Terkadang suasana hati kita tidak selalu bahagia, kita juga bisa tiba-tiba sedih, cemas, gelisah dan bahkan merasa stress. Ternyata selain karena menyesuaikan keadaa, tubuh kita juga bisa mengendalikannya loh, karena adanya senyawa kimia yang juga berperan mengendalikan mood kita atau bisa kita kenal dengan hormon! Menarik bukan, bahkan suasana hatipun bisa dilibatkan dengan kimia. Maka dari itu, baca dulu yuk barangkali setelah mengenal hormon-hormon ini kalian mampu memahami diri kalian. Berikut 5 hormon yang ada dalam tubuh kita :

1. DOPAMIN (C8H11NO2)

Pasti reader semua tidak asing dengan hormone yang satu ini. Yup dopamine. Dopamin atau 3,4-dihydroxyphenilalanine adalah senyawa endogen yang terdiri dari cincin benzene dengan dua substituent hydroxyl (catechol nucleus) dan grup aminoetil yang terikat pada cincin substitusinya. Dopamin dan senyawa lain yang memiliki struktur molekul yang serupa (morepinefrin dan epinefrin) merupakan bagian dari katekolamin, dimana dalam ilmu neurologi sering disebut dengan amino biogenic atau neurotransmitter monoamine. Dalam tubuh kita, dopamine bekerja sebagai neurotransmitter yang penting pada system saraf pusat dan mediator banyak aktivitas regulasi fisiologis. Dopamine dilepaskan oleh hipotalamus. Dopamin sebagai neurotransmitter katekolamin yang terdapat pada system saraf pusat berfungsi sebagai pengontrol berbagai fungsi kerja otak termasuk aktivitas lokomotor, kognisi, emosi, konsekuensi positif, asupan makanan, dan regulasi endokrin.

Fungsi dopamine yang pasti sering readers dengar yaitu sebagai pengatur emosi. Dopamine ini dapat berpengaruh pada perubahan psikologis salah satunya pada perilaku. Hormone ini dapat memperbaiki mood dengan cara memodulasi harapan, reward, aktifitas, perhatian, dorongan, dan suasana hati sehingga dopamine ini menyebabkan seseorang merasa sangat senang (feel good state) dan memicu melakukannya berulang kali. Jadi, ketika kalian merasa senang, hormone ini sedang bekerja dalam tubuh kalian.

Tapi hati-hati readers, kekurangan hormone dopamine dapat memicu terjadinya gangguan neurologic dan psikiatrik seperti menguarangi motivasi dan antusiasme pada sesuatu. Nah, oleh karena itu menjaga produksi dopamine ini sangat penting. Untuk meningkatkan hormone ini bayak hal yang bisa dilakukan :

a. Makan makanan yang mengandung banyak protein

b. Mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh

c. Mengkonsumsi probiotik

d. Melakukan olahraga secara teratur

e. Cukup tidur

f. Meditasi

g. Cukup terpapar sinar matahari

h. Mengkonsumsi suplemen

Hal-hal tersebut bisa readers semua lakukan di rumah maupun di luar rumah untuk menaikkan mood kalian agar selalu goodmood setiap saat 😊 tapi selalu taati protocol kesehatan ya !

2. ENDORFIN

Apa reader sudah kenal dengan hormone yang satu ini? Endorphin merupakan senyawa yang biasanya terdapat dalam tubuh makhluk hidup baik hewan maupun manusia yang disintesis di dalam pituitary gland. Endorphin sendiri dibagi menjadi 3 jenis peptida berbeda yaitu alpha-endorfin, beta-endorfin, dan gamma-endorfin. Beta-endorfin memiliki rantai terpanjang yang mengandung 31 asam amino, disusul oleh gamma-endorfin dengan 17 rantai asam amino yang sama dengan 17 rantai pertama beta-endorfin, dan endorphin dengan rantai terpendek yaitu alpha-endorfin dengan 16 rantai asam amino yang sama dengan 16 rantai pertama beta-endorfin.

Tau nggak sih readers, Dalam tubuh kita si endorphin ini berfungsi memberi efek pengurangan rasa sakit, menurunkan hormone stress, dan penelitian yang terbaru bahkan dapat meningkatkan imunitas. Fungsi yang tak kalah penting dari hormone ini yaitu berperan saat kalian lagi goodmood. Hal ini terjadi karena ketika hormone ini dilepaskan maka dapat memberi perasaan nyaman dan memberikan rasa senang.

Namun, saat tubuh kita kekurangan hormone ini juga bisa menyebabkan gangguan psikologis juga lo!. Oleh karena itu, untuk untuk menjaga meningkatkan si endorphin ini kita dapat melakukan latihan dan olahraga seperti berjalan,berlari,aerobic, tertawa, bahkan meditasi untuk selalu goodmood setiap hari 😉.

3. SEROTONIN (N2OC10H12)

Serotonin atau 5-hydroxytryptamine merupaka senyawa kimiawi dalam tubuh manusia yang bertugas sebagai neurotransmitter dan juga hormon, karena ia merupakan neurotransmitter maka serotonin bergunan untuk membantu penyampaian sinyal antar sel saraf. Serotonin diciptakan melalui proses biokimia dengan menggabungkan berbagai bahan seperti asam amino triptofan, komponen protein, dan reaktor kimia yaitu hidroksilase triptofan. serotonin biasanya terdapat di usus, trombosit darah, dan sistem saraf pusat.

Nah itu tadi pengenalan singkat mengenai pengertian serotonin, lalu apa sih fungsi keberadaan senyawa kimia ini dalam tubuh kita? Salah satunya yaitu zat ini juga memengaruhi suasana hati kita atau biasa kita sebut dengan mood. Serotonin bisa disebut sebagai senyawa yang memengaruhi perasaan senang, senyawa ini sangat berperan saat kita berada dalam kebahagiaan. Maka dari itu sangat penting keberadaan senyawa ini dalam tubuh kita, namun tetap saja kadar serotonin dalam tubuh jangan sampai berlebihan karena bisa memicu sindrom serotonin. Intinya yaitu kadar senyawa ini harus seimbang, jika kekurangan pun bisa memicu depresi karena senyawa ini juga memunculkan perasaan cemas, gelisah, dan gangguan tidur.

Karena senyawa ini sangat berperan dalam timbulnya kebahagiaan, maka untuk meningkatkan serotonin dalam tubuh, Sobat bisa melakukan hal hal seperti berikut :

1. Makan makanan yang bergizi, seperti ; pisang, telur, salmon, tuna, sayur sayuran dan sebagainya

2. Rajin berolahraga

3. Dapatkan sinar matahari yang cukup

4. Memanjakan tubuh dengan pijat

Jadi salah satu dari manfaat mengonsumsi makanan yang bergizi yaitu meningkatkan kadar triptofan, kadar serotonin juga bergantung pada kadar triptofan ini. Setelah makan, tubuh akan menghasilkan hormon ini secara alami. Selain memengaruhi suasana hati, serotonin juga berperan dalam pembekuan darah, pencernaan, pembentukan tulang, fungsi seksual dan siklus tidur.

4. OKSITOSIN (C43H66N12O12S2)

Oksitosin atau Alpha-hypophamine juga merupakan salah satu hormon dalam tubuh manusia, hotmon ini berperan dalam sistem reproduksi wanita terlebih pada proses kelahiran dan menyusui. Salah satu fungsi keberadaan hormon ini dalam wanita yaitu merangsang kontraksi yang kuat pada dinding rahim/uterus sehingga mempermudah dalam membantu proses kelahiran, karean hormon ini akan membantu kontraksi semakin intens dan memengaruhi proses pembukaan. Namun hormon ini dimiliki juga kok pada pria. Karena sebenarnya hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta dan berkaitan dengan perasaan cinta, kasih sayang, emosi yang baik, dan keterikatan antarmanusia.

Hormon ini memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan fisik dan mental manusia. Hormon ini diproduksi di bagian otak atau disebut dengan hippotalamus, dan hormon ini akan muncul dan berperan ketika kita sedang berada dalam perasaan penuh cinta, salah satunya seperti saat sedang jatuh cinta. beberapa riset mengungkapkan bahwa ketika seseorang mulai menyukai orang lain, terdapat peningkatan kadar hormon di otaknya yaitu hormon oksitosin ini. Selain berkaitan dengan perasaan cinta, keberadaan hormon ini juga santan memabntu meredakan stress, rasa takut dan kecemasan. Hal ini dikarenakan adanya hormon ini akan membantu mengurangi tekanan darah dan terdapat reseptor hormon oksitosin dalam sistem pencernaan manusia. Jadi prosesnya yaitu hormon ini akan mengontrol pergerakan usus, meningkatkan kemampuan pencernaan, dan menurunkan peradangan dalam usus.

Kemudian, cara meningkatkan kadar hormon oksitosin dalam tubuh sebenarnya terbilang sangat mudah, yaitu kalian bisa berinteraksi dengan sesama manusia seperti mengobrol dengan orang orang terdekat dan yang kalian sayangi, bisa juga dengan memacu adrenaline yaitu melakukan hal hal yang dapat mendebarkan dan membuat kalian merasa lebih terhubung, mungkin berpapasan dengan orang yang kalian suka bisa membuat kalian berdebar dan bisa membantu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh kalian.

5. MELATONIN (C13H16N2O2)

Melatonin atau N-acetyl-5-methoxytryptamine adalah hormon dalam tubuh yang berperan dalam aktivitas tidur. Melatonin diproduksi di kelenjar pineal otak, namun hormon ini juga ditemukan di area mata, sumsum tulang, dan usus. Produksi dan pelepasan hormon melatonin di otak akan berkaitan dengan pergantian hari. Biasanya, hormon ini akan meningkat ketika malam hari dan berkurang ketika pagi hari. Dan juga produksi melatonin akan menurun dengan bertambahnya usia. Jadi kalian pasti sudah bisa mengira kan manfaat utama adanya hormon in, yap singkatnya dia sangat berperan mengatur aktivitas tidur kita.

Untuk cara kerja yang mendetail dari hormon ini sebenarnya belum ada kepastian yang bisa meyakinkan. Namun beberapa pakar mengungkapkan hormon melatonin ini melibatkan ritme sirkadian tubuh atau ritme pengingat internal tubuh. Jadi ritme sirkadian adalah proses internal dan alami yang mengatur siklus tidur-bangun yang diulangi kira-kira setiap 24 jam. Dengan keberadaan ritme sirkadian, tubuh menyadari rutinitas waktu untuk tidur, terbangun, dan makan. Proses sederhananya yaitu ketika hari mulai beranjak gelap, kadar melatonin akan mulai meningkat. Hormon ini akan menyampaikan pesan ke tubuh untuk segera tidur. Sehingga kita akan merasa mengantuk di malam hari. Jadi kemungkinan besar hal ini juga sebenarnya juga dipengaruhi dari otak. Selain itu, hormon melatonin juga berperan untuk membantu kita rileks.

Lalu bagaimana untuk mereka yang merasa kesulitan tidur, apakah hormon ini tidak bekerja pada mereka? Tidak sesingkat itu ya sobat! Kesulitan tidur yang dialami sebagian orang bisa terjadi karena rendahnya kadar melatonin dalam tubuh mereka. Nah cara meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh bisa dengan banyak mengonsumsi buah pisang, cherry, almond, sayur sayuran dan juga susu hangat. Pada intinya kadar hormon ini harus tetap seimbang, karena jika kelebihan malah akan membuat kita kelelahan, menyebabkan terjadinya gangguan hati, mengantuk, gangguan bicara, gemetar, sakit kepala, dan pusing. Pada intinya, keberadaan hormon ini sangatlah penting, karena jika aktivitas dan pola tidur kita terjaga dengan baik, suasana hati kita pun juga akan lebih baik, kita bisa melakukan aktivitas dengan maksimal dan bersemangat serta kesehatan dan metabolisme tubuh kita tetap terjaga dengan baik.

Jadi begitu sobat, perasaan perasaan yang muncul dalam diri kita sebenarnya sangat berhubungan dengan senyawa senyawa kimia juga. Semoga artikel ini dapat membantu kalian ketika sedang merasa kesulitan dengan perasaan yang kalian alami ya sobat! Tetap jaga kesehatan dan berbahagia agar suasana hati kita dan lingkungan kita tetap membawa kesan yang positif.

DAFTAR PUSTAKA

Ambardini, R.L. 2009. Pendidikan Jasmani dan Prestasi Akademik : Tinjauan Neurosains. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Volume 6 No 1. hlm 68

Chaudry, S.R., Bhimji, S.S. 2018. Biochemistry , Endorphin. In StatPearls. Treasure Island,FL:StatPearls. Retrivied from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/29262177

Desinta, Sheni., Ramdhani, Neila. 2013. Terapi Tawa Untuk Menurunkan Stress pada Penderita Hipertensi. Jurnal Psikologi. Vol 40 No 1 :15-27

Esch T., Stefano, G.B. 2015. The Neurobiology of Love. Neuroendocrinology Letters. 26(3):175-92

Greenberg J.S. 2008. Comprehensive Stress Management 10th Ed. New York:McGraw-hill

Hosenbocus, Sheik & Chahal, Raj. 2012. A Review Executive Function Defcits and Pharmacological Management in Children and Adolescent . Journal of The Canadian Academy Child Adolescent Psychiatry 21.3

Jr, Harsing. 2008. Handbook of Neurochemistry and Molecular Neurobiology 3rd Edition. Springer:New York

Julton, Erica. 2018. Healthline, 10 best way to increase dopamine levels naturally.

https://www.healthline.com/nutrition/how-to-increase-dopamine

diakses pada senin, 9 november 2020 pukul 10:15 WIB

Missale C., Nash S.R, Robinson S.W., Jaber M., Caron M.G. 1998. Dopamine Receptors : From Structure to Function. Physol. Rev. 78 189-225

Zeki S. 2007. The Neurobiology of Love. Federation of European Biochemical Societies Letters. 581:2575-75

 

 

 

Comments

comments

Nobody liked ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *