[CHEMISTRY CORNER] 3

Please log in or register to like posts.
News

Haloo kimiawan muda 🤩 kembali lagi nih di konten “Chemistry Corner”. Kali ini kita bakalan bahas tentang sabun. Yapp sabun yang biasa kita buat cuci tangan atau mandi yang kita gunain untuk membersihkan kotoran ditubuh kita 💁🏼‍♀️

Nah, gini nih penjelasannya 👇🏻
sabun bersifat membersihkan karena ada proses kimia koloid. Sabun (garam natrium dari asam lemak) punya 2 kutub kepolaran yang berbeda, yaitu polar dan nonpolar.

Saat dipakai mencuci sabun berperan sebagai emulsifier (untuk membantu menjaga kestabilan emulsi minyak dan air) sehingga sabun dikatakan dapat membersihkan lemak dan kotoran. Molekul sabun mempunyai rantai hidrogen CH3(CH2)16 yang bertindak sebagai ekor yang bersifat hidrofobik (tidak suka air) dan larut dalam zat organik. Sedangkan COONa+ sebagai kepala yang bersifat hidrofilik (suka air) dan larut dalam air.

Kotoran yang menempel di kulit umumnya adalah minyak, lemak dan keringat. Zat-zat itu tidak bisa larut dalam air karena sifatnya yang non polar. Sabun digunakan untuk melarutkan kotoran-kotoran pada kulit tersebut. Sabun memiliki gugus non polar yaitu gugus (–R) yang akan mengikat kotoran, dan gugus (–COONa) yang akan mengikat air karena sama-sama gugus polar. Kotoran dapat lepas karena terikat pada sabun dan sabun terikat pada air (Cavitch, 2001).

sumber : Cavitch, S. M. 2001. The Soap Maker’s Companion. A Comprehensive Guide With Recipes, Techniques and Know-How. Storey Book : 6, 228.

Nah, segitu dulu penjelasannya guyss, kalian bisa pelajari di lebih dalam di internet/jurnal yaa. Btw, kalian ada saran gak nih untuk Chemistry Corner yang akan datang, mau bahas apa lagi?? komen dibawah yaa 🤗 see youuu ✨

#chemistrycorner
#salamsatukimia
#himaskahelium

Comments

comments

Nobody liked ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *