[CHEMISTRY CORNER]

Please log in or register to like posts.
News


Kalian pasti gak asing dengan yang namanya detergen kan?? iya, yang buat nyuci baju itu lohhh 💦 Nah ternyata, ada tiga komponen utama yang ada didalam deterjen loo👨‍🔬, apa aja sih??. Deterjen tersusun atas tiga komponen utama yaitu, surfaktan sebagai bahan dasar detergen yang berkisar antara 22–30 %, bahan builders (senyawa posfat) dan bahan aditif (pemutih dan pewangi) (Nurpita,2014).

Nah, kali ini kita akan membahas bahan dasar dari detergen aja yaa, yaitu Surfaktan 🤗. Surfaktan adalah molekul yang memiliki gugus polar yang suka air (hidrofilik) yang dapat bermuatan positif, negatif maupun netral dan gugus non polar yang suka minyak (lipofilik) sekaligus yang biasanya berbentuk rantai alkil yang panjang.

Sifat ganda yang dimiliki molekulnya, membuat surfaktan memiliki sifat aktif yaitu, surfaktan merupakan bahan aktif permukaan, yang bekerja menurunkan tegangan permukaan cairan (Connel & Miller, 1995). Dengan memiliki sifat tersebut bahan ini mampu menurunkan tegangan permukaan kotoran terhadap tegangan permukaan bahan yang dibersihkan (Taufik, 2006). Karenanya surfaktan digunakan sebagai bahan dasar dalam detergen.

Lalu jenis surfaktan apa sih yang sering digunakan ❓❓❓. Surfaktan yang banyak digunakan dalam detergen adalah surfaktan anionik yaitu senyawa Linear Alkyl benzene Sulfonat (LAS). LAS merupakan bahan deterjen yang paling banyak dikonsumsi, mencapai 2,8×106 ton/thn pada tahun 1995 (Ainsworth, 1996).

Sumber :
Ainsworth, SJJ. 1996. Linear Alkylbenzene Sulfonat, Chem. English News 74 : 32 – 54.
Connel dan Miller. 1995. Kimia dan Etoksikologi Pencemaran, diterjemahkan oleh Koestoer, S., hal. 419, Indonesia University Press, Jakarta.
Nurpita, Ety. 2014. Karakteristik kandungan linear alkyl benzene sulfonat ( LAS ) pada limbah cair laundry. Jurnal media teknik. Vol 11. No 1.
Taufik, Imam. 2006. Pencemaran Deterjen dalam Perairan dan Dampaknya Terhadap Organisme Air. Media Akuakultur. Vol 1. No 1.

#chemistrycorner
#himaskahelium

Comments

comments

Nobody liked ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *